ads
Yamaha Finn, Motor Bebek Irit Bensin 96km Per Liter

Yamaha Finn, Motor Bebek Irit Bensin 96km Per Liter

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Di berbagai negara, termasuk Indonesia, popularitas motor bebek mengalami penurunan. Padahal, beberapa tahun lalu, motor bebek menjadi jenis sepeda motor yang paling laris sebelum munculnya skuter matik (skutik). Meskipun demikian, beberapa produsen masih memproduksi motor bebek untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mencari kendaraan dengan harga terjangkau dan menggunakan transmisi manual. 

Salah satu pabrikan yang tetap memproduksi motor bebek adalah Yamaha. Pabrikan asal Jepang ini masih memasarkan motor bebek di Indonesia dan beberapa negara lainnya, termasuk Thailand.

Di Thailand, Yamaha baru saja meluncurkan model terbaru, New Finn. Motor ini termasuk dalam kategori bebek (underbone) dan merupakan "saudara jauh" dari Yamaha Vega Force, karena keduanya menggunakan mesin injeksi 115 cc. Di Thailand, motor ini dijual dengan harga mulai 41.200 bath hingga 46.900 bath, atau sekitar Rp19 juta hingga Rp21,67 juta. Yamaha mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya mencapai 96 kilometer per liter, jauh lebih irit dibandingkan motor sekelas di Indonesia yang rata-rata mencapai 60 km/liter berdasarkan uji laboratorium dengan metode ECE R40.

Mesin yang digunakan pada Yamaha New Finn memiliki kapasitas 115 cc, 4 langkah SOHC dengan pendingin udara, dan konfigurasi satu silinder. Rasio kompresinya adalah 9,3:1, dengan diameter piston 50 mm dan langkah 57,9 mm. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 6,41 kW (8,7 PS) pada 7.000 rpm, sementara torsi puncaknya mencapai 9,53 Nm pada 5.500 rpm. Sistem transmisinya menggunakan kopling basah multiplat dengan transmisi manual 4 percepatan constant mesh.

Keunggulan motor bebek ini, selain tampil dengan warna yang menarik, adalah efisiensi bahan bakarnya yang sangat tinggi.

Motor ini dibekali mesin bensin satu silinder SOHC dengan pendingin udara berkapasitas 114 cc, yang mirip dengan Yamaha Vega. Mesin tersebut memiliki rasio kompresi 9,3:1 dengan diameter piston 50 mm. Sistem injeksinya direkomendasikan menggunakan bahan bakar tanpa timbal, dan tangki bensinnya mampu menampung 4 liter. Tenaga maksimalnya mencapai 6,41 kW pada 7.000 rpm, dengan torsi 9,53 Nm pada 5.500 rpm.

Konsumsi bahan bakarnya yang sangat hemat, yaitu 96,16 km per liter, memungkinkan motor ini menempuh jarak hingga 384,64 km dengan tangki penuh.

Rangka yang digunakan adalah tipe backbone, dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang swing arm. Ban depan berukuran 70/90-17 MC/38 P, sementara ban belakang berukuran 80/90-17 MC/50 P, ukuran yang umum untuk kebutuhan berkendara sehari-hari. Dimensi Yamaha Finn 2024 cukup kompak dengan panjang 1.940 mm, lebar 710 mm, tinggi 1.095 mm, dan jarak sumbu roda 1.235 mm. Tinggi joknya adalah 775 mm, dengan jarak terendah ke tanah 155 mm.

Secara desain, Yamaha Finn terlihat elegan dengan bentuk yang halus tanpa sudut tajam. Garis desainnya mengalir dari depan hingga belakang, dan lampu sein diposisikan secara vertikal. Namun, semua tipe pencahayaan pada motor ini masih menggunakan lampu halogen. Pada varian tertinggi, pelek cast wheel 17 inci diberi lapisan cat emas untuk memberikan tampilan yang lebih mewah.

Meski tidak dilengkapi fitur canggih, Yamaha Finn masih menggunakan meter cluster analog. Motor ini dilengkapi dengan electric dan kick starter. Pada varian menengah dan atas, sistem pengereman depan menggunakan cakram, sedangkan varian termurah masih menggunakan rem tromol dan pelek jari-jari.

Salah satu fitur unggulan pada varian tertinggi adalah sistem UBS (Unified Brake System). Saat rem kaki digunakan, sistem ini mendistribusikan tenaga pengereman ke roda depan dan belakang, mirip dengan combi brake system pada skuter matik di Indonesia. Motor ini juga dilengkapi ruang penyimpanan di bawah jok dengan kapasitas 9,7 liter, cukup untuk menyimpan barang-barang kecil seperti helm half face. Sistem kunci multifungsinya memungkinkan pengguna membuka jok hanya dengan memutar kunci ke kiri.

Yamaha Finn 2024 hadir dalam beberapa pilihan warna, yaitu hijau, abu-abu gelap, biru, turquoise, dan hitam merah. Motor ini juga dilengkapi saku depan di balik sayap kiri, yang jarang ditemukan pada motor bebek lainnya, berguna untuk menyimpan barang kecil seperti sarung tangan atau botol minum. Selain itu, penutup rantai yang disediakan membantu melindungi rantai dari kotoran, sehingga membuat rantai dan gear lebih awet. Ada juga lubang kecil berpenutup karet untuk memudahkan pelumasan rantai.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads