ads
KTT ke-43 ASEAN Resmi Digelar, Intip Daftar 5 Mobil Listrik yang Layani Tamu Kenegaraan

KTT ke-43 ASEAN Resmi Digelar, Intip Daftar 5 Mobil Listrik yang Layani Tamu Kenegaraan

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN resmi digelar pada Selasa (5/9/2023) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center JCC, Jakarta.

Mengutip dari beberapa sumber, KTT ke-43 ASEAN kali ini diselenggarakan dalam rangka membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan mitra eksternal.

Sejumlah negara di dunia mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri KTT ke-43 ASEAN. Beberapa di antaranya adalah Kamboja, Laos, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Bangladesh.

Presiden Jokowi membuka acara KTT Asean dengan menyambut baik kehadiran para pemimpin negara pada 5-7 September 2023. Selain itu, Jokowi juga meluncurkan Pusat Koordinasi ASEAN untuk Pengendalian Pencemaran Asap Lintas Batas atau ASEAN Coordinating Centre for Transboundary Haze Pollution Control (ACC THPC).

Dalam hal ini, Indonesia sebagai tuan rumah berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi dan sosial pasca pandemi Covid-19 yang terjadi selama beberapa tahun terakhir.

Dalam acara tersebut, terdapat lima jenis mobil listrik yang melayani para tamu kenegaraan. Sekitar 608 mobil listrik dikerahkan untuk menyukseskan KTT ke-43 ASEAN.

Berikut ini daftar 5 mobil listrik yang hadir di KTT ke-43 ASEAN.

1. Hyundai Ioniq 5

Sekitar 272 unit Hyundai Ioniq 5 disediakan oleh pihak Hyundai Motors Indonesia (HMID) untuk keperluan acara kenegaraan yang satu ini.

Hyundai Ioniq 5 dikabarkan jadi kendaraan protokol, pengamanan, penyelamatan, dan operasional panitia nasional.

2. Hyundai Ioniq 6

Selain Ioniq 5, Hyundai Ioniq 6 juga disiapkan untuk KTT ke-43 ASEAN. HMID menyiapkan 76 unit Hyundai Ioniq 6 untuk acara kenegaraan tersebut.

Sedan listrik ini baru saja dirilis di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada bulan Agustus lalu. Kabarnya, satu unit Hyundai Ioniq 6 dibanderol nyaris Rp1,2 miliar.

Berbeda dari Ioniq 5, Ioniq 6 bertugas sebagai kendaraan resmi pasangan para delegasi VVIP.

3. Wuling Air EV

Sebagai mobil listrik terlaris di Indonesia, Wuling Air EV turut berkontribusi dalam acara kenegaraan KTT ke-43 ASEAN.

Sekitar 150 unit Air EV putih dikerahkan sebagai kendaraan operasional acara tersebut di JCC. Dalam pelaksanaannya, Air EV juga dihias khusus pada area pintu kanan dan kiri.

Kali ini, mobil listrik kota yang satu ini dipasangi logo resmi KTT ke-43 ASEAN. Logo tersebut dipadukan dengan motif batik khas betawi berupa elang bondol dan melati warna jingga dan ungu tua.

4. Toyota bZ4x

Selain Ioniq dan Air EV, hadir pula Toyota bZ4x dalam acara KTT ke-43 ASEAN. Pihak Toyota Astra Motor (TAM) meminjamkan 76 unit Toyota bZ4x.

Mobil ini menjadi kendaraan resmi pejabat tinggi setingkat menteri yang hadir dalam acara KTT ke-43 ASEAN 2023.

Saat ini, Toyota bZ4x konon dijual berkisar Rp1,19 miliar di pasar otomotif Indonesia.

5. BMW i7

Tak tanggung-tanggung, tamu kenegaraan KTT ke-43 ASEAN juga akan dijamu oleh mobil listrik termahal di Indonesia. Ya, BMW i7 xDrive60 Gran Lusso hadir dalam acara tersebut.

Sekitar 36 unit sedan listrik ukuran besar ini disiapkan untuk melayani para tamu kenegaraan.

Pihak BMW Indonesia dikabarkan sudah memberi pelatihan kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk mengendarai i7 sekaligus mempelajari fitur-fitur khususnya.

Mobil listrik yang dibanderol Rp3,28 miliar ini sempat terlibat pada beberapa acara kenegaraan sebelumnya. Di antaranya adalah KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT pada 9-11 Mei 2023 lalu, dan KTT G-20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022 lalu.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads