ads
Siap-siap Memasuki Musim Hujan, Simak 5 Tips Merawat Motor Agar Tak Mudah Karatan

Siap-siap Memasuki Musim Hujan, Simak 5 Tips Merawat Motor Agar Tak Mudah Karatan

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Jakarta - Musim hujan di Indonesia biasanya terjadi pada bulan Oktober hingga Desember. Sebelum musim hujan tiba, alangkah baiknya mulai bersiap-siap untuk menghadapi cuaca.

Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, namun penting untuk memperhatikan kendaraan pribadi yang sering dipakai bepergian. Salah satunya adalah motor. Pasalnya ketika musim hujan datang, bukan hal baru lagi kalau motor jadi mudah karatan karena sering kehujanan atau mungkin kebanjiran.

Bahkan tidak hanya hujannya saja, angin kencang yang kerap muncul saat musim hujan mungkin saja dapat menimbulkan karatan pada motor.

Jika bertemu dengan kondisi ini, penanganan dan perawatan ekstra keras harus diaplikasikan kepada motor. Anda tentu tidak ingin motor jadi mudah rusak dan karatan hanya karena terkena hujan setiap hari, bukan?

Oleh karena itu, terdapat sejumlah tips ringan untuk merawat motor agar tidak mudah karatan usai terkena hujan. Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini 5 tips merawat motor agar tidak mudah karatan.

1. Cuci motor secara rutin

Apabila Anda baru saja memakai sepeda motor dan kehujanan, sebaiknya langsung dicuci usai pemakaian. Dengan mencuci motor, maka kotoran pada motor yang baru saja kehujanan akan hilang dan karatan dapat dicegah.

Pastikan mencuci sampai bersih dengan sabun hingga kotoran pada seluruh bagian motor terangkat. Lakukan cara ini secara rutin setiap minggunya, terlebih jika motor kehujanan setiap hari.

2. Lap hingga bersih

Setelah mencuci motor, pastikan sisa air cucian dilap hingga kering untuk menghindari karatan atau korosi pada beberapa bagian. Anda dapat menggunakan lap khusus untuk motor seperti lap microfiber atau lap kanebo.

Bagian bawah motor seperti celah atau rangka motor yang sulit dijangkau harus dilap sampai kering agar tidak mudah karatan.

3. Beri pelumas

Selain mencuci motor dan membersihkannya hingga kering, jangan lupa untuk memberikan pelumas pada bagian-bagian yang rentan karatan.

Penggunaan pelumas dapat mengurangi risiko karatan karena pelumas berfungsi menyingkirkan air yang menetap di suatu bagian motor. Bagian motor yang perlu diberi pelumas antara lain seperti rantai motor. Biasanya, rantai motor mudah kering setelah terkena hujan.

Anda dapat mengoleskan pelumas atau chain lube pada rantai untuk menghindari karatan. Jangan gunakan oli bekas untuk pelumasan karena dapat merusak rantai. Alternatif yang dapat dipilih adalah menggunakan oli gardan motor matik untuk melumasi rantai.

4. Pasang pelindung motor

Jika Anda memarkirkan motor dalam waktu lama di luar rumah tanpa atap penutup, sebaiknya siapkan penutup motor atau cover motor. Cover motor yang menutupi body motor tentu dapat melindungi motor dari debu dan kotoran.

Saat musim hujan tiba, Anda dapat menggunakan cover motor jika sewaktu-waktu kehujanan. Jika kebetulan motor Anda tidak terparkir di bawah atap, maka gunakan cover untuk melindungi motor.

5. Pemeriksaan secara berkala

Apabila Anda sudah melakukan tips-tips di atas, tips yang terakhir adalah lakukan pemeriksaan motor secara berkala di bengkel terpercaya.

Untuk melihat kondisi keseluruhan motor, tentu body motor harus dibuka. Jika terdapat material rangka yang rusak, maka dapat dilakukan perbaikan secepat mungkin. Oleh karena itu, pemeriksaan harus dilakukan oleh ahli motor agar dapat ditindaklanjuti secara langsung jika terjadi kerusakan.

Beberapa bagian yang harus diperiksakan secara rutin antara lain baut-baut, kabel, kampas rem, filter udara, busi, dan komponen logam lainnya.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads